PROSPEK BUDIDAYA DAUN SAWI HIJAU~CAYSIM TAK PERNAH SURUT


Gambar~Sawi Hijau.
Jual Bibit Bagus - Siapa yang tak mengenal sayuran satu ini, Sawi/caysim banyak kita jumpai diwarung warung atau resto yang menyajikan Mie Rebus atau Mie Goreng, Untuk memasak Capcay tak lengkap tampa daun sawi hijau ini karena rasanya yang segar dan banyak sekali kandungan Gizinya terutama mengandung zat klorofil tinggi.
Mamfaatnya juga banyak yaiutu untuk memperbaiki tulang juga anti kanker, Penderita Diabetes juga disarankan banyak komsumsi sayur ini karena dapat mengurangi Gula darah yang berlebih.

Banyak diantara kita tak tau bahwa tanaman ini membawa prospek yang cukup baik dan menguntungkan mengingat dari dalam rumah hingga warung makan kecil sampai restoran membutuhkanya, Coba kita lihat dibeberapa supermarket selalu siap menampung sayuran ini, bisa dibayangkan jika dalam sehari kita bisa memasok kebutuhan pasar dan supermarket.

Gambar~Menanam Sawi Hijau

Budidaya Sawiini dibilang cukup mudah karena bisa ditanam dimana saja termasuk dihalaman rumah kita asalkan media tanahnya diolah terlebih dahulu.
Untuk pembelian bibit nya juga tak sulit karena ditoko toko pertanian selalu menyediakan harga kisaran Rp.27.000 hingga Rp.35.000 / Sascet, untuk lahan yang luas dibutuhkan tak terlalu banyak karena ,penulis dulu mencoba satu sachet bisa menghasilkan 200 ikat daun sawi.

Media tanam juga sangat mudah anda bisa menggunakan  berbagai media, bisa dalam pot bisa juga menggunakan Polybag. Yang terpenting harus rajin dalam penyiraman karena sawi hijau ini suka sekali dengan air, penyiraman cukup pagi sore saja.
Waktu panen juga tak terlalu lama kurang lebih 15 hari setelah bibit dipisah kan kemedia yang lebih lebar. 
Untuk memulai budidaya ini pertama tama kita harus menyiapkan Lahan atau media Pot atau polybag ,lahan harus diolah terlebih dahulu dengan mencampur pupuk kompos atau pupuk kandang kemudia lahan dibiarkan beberapa hari agar Zat zat racun dalam tanah sudah memuai.
Lahan bisa dibuat Guludan/gunungan funsinya agar mudah dalam perawatan juga tanaman ini agar tumbuh dengan baik,ketinggian guludan sekitar 20 sampai 30 Cm dan menanamnya harus diberi jarak yang cukup karena sawi ini bisa tumbuh besar jika jaraknya diatur, biasanya 15 Cm dari bibit sekitarnya.
 Gambar~Macam-macam Jenis Bibit.

Penanganan Penyakit dan Hama.

Sawi hijau ini sangat disukai oleh hama Ulat dan belalang jadi dalam perawatannya harus teratur untuk menyemprotkan pestisida secara tepat dosisnya agar hama tak kembali lagi.
Disarankan penggunaan pestida harus sesuai dengan takaran agar tak membahayakan kesehatan karena dampaknya juga jangka panjang.
Jika kita ingin aman dari gangguan ulat atau belalang ini kita bisa digunakan penutup jaring atau paranet agar kupu kupu dan belalang tak dapat masuk.
Jika tanaman sudah cukup besar agar segera dipanen agar tak cepat tua dan berbunga karena rasanya juga akan berbeda.
Waktu memanen diusahakan pagi pagi sekali atau Sore pukul 15.30 Wib dimana matahari tak terlalu menyengat karena bisa layu dan tak bisa dijual.

Demikian informasi tentang prospek budidaya sawi hijau ini ,untuk proses penanaman akan kita bahas pada artikel selanjutnya.


PROSPEK BUDIDAYA DAUN SAWI HIJAU~CAYSIM TAK PERNAH SURUT PROSPEK BUDIDAYA DAUN SAWI HIJAU~CAYSIM TAK PERNAH SURUT Reviewed by Faizeta on 01:56 Rating: 5

No comments:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.