BUDIDAYA BROKOLI DENGAN BIBIT TAHAN CUACA PANAS DIWILAYAH PROPINSI LAMPUNG

Budidaya Brokoli Di Lampung.

Biasanya banyak kita jumpai tanaman brokoli di daerah bersuhu dingin seperti bandung dan mungkin kita yang tinggal ditempat yang bersuhu tidak dingin berfikir ulang untuk  mencoba menanamnya bukan? tapi saat ini sudah tersedia bibit brokoli yang bisa beradaptasi dengan suhu yang tidak seperti didaerah bandung dan tumbuh normal walau tak selebat dibandung tapi brokoli mampu mengimbangi ukuran bobotnya.

BACA JUGA : MENANAM LONCANG ATAU BAWANG DAUN MENGGUNAKAN POLYBAG

Dipropinsi lampung beberapa petani sudah mulai membudidayakan brokoli jenis ini dan bisa sampai panen dan bertanam ulang kembali ,dengan trik kusus yang diadaptasi dari petani bandung yaitu masalah intensitas air ataupun penyiraman karena didaerah yang panas sudah pasti tanah tak bisa lama menahan air karena penguapan yang tinggi apalagi dibulan penghujan ini petani sayur dilampung sangat memamfaatkan untuk bertanam brokoli dan daun bawang juga.


Brokoli Jenis tahan cuaca panas

cara penanaman atau pembibitan sama seperti pembibitan sayuran sawi hijau ataupun seperti pembibitan cabai pada umumnya. dari benih biji yang disebar pada persemaian kemudia setelah bibit pertumbuhan daunya sudah 5 hingga 6 lembar daun dengann tinggi 15cm bisa langsung di tanam dengan jarak tanam 25Cm diantara bibit yang lain karena daun-daun pada brokoli ini akan besar dan melebar agar tak menutupi satu bibit dengan bibit yang lainnya.

Sebelum bibit ditanam sebaiknya media tanah di olah terlebih dahulu dengan memberikan pupuk kandang setelah itu tanah di gemburkan setelah itu dibuat bedengan atau guludan yang tingginya 25 hingga 30Cm dengan panjang disesuaikan dengan luas lahan yang mau ditanam, setelah bedengan siap tanam basahi terlebih dahulu agar mudah untuk membuat lubang tanamnya,buat lubang tanah kurang lebih 15 cm kemudian bibit dimasukkan setelah itu lubang ditutup dan ditekan agar tanaman bisa kuat tertanam.

BACA JUGA : PROSPEK BUDIDAYA DAUN SAWI HIJAU~CAYSIM TAK PERNAH SURUT.

Setelah semua tertanam  lakukan penyiraman rutin pagi dan sore dan lakukan pemupukan jika sudah masuk usia 15 hari serta lakukan pengamatan apabila ada hama atau gulma yang sudah mulai tumbuh bisa langsung dibersihkan.Daun-daun yang tua juga sebaiknya di potong agar daun yg lebih muda berkembang dan mempercepat tanaman brokoli ini berbunga . Lakukan perawatan dengan maksimal dan jangan sampai penyiraman tak terjadual karena akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman brokoli ini.
Semoga bermamfaat.
BUDIDAYA BROKOLI DENGAN BIBIT TAHAN CUACA PANAS DIWILAYAH PROPINSI LAMPUNG BUDIDAYA BROKOLI DENGAN BIBIT TAHAN CUACA PANAS DIWILAYAH PROPINSI LAMPUNG Reviewed by Faizeta on 11:28 Rating: 5

1 comment:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.