MEMBUAT PUPUK KOMPOS DARI MERANG DARI KOTORAN AYAM.

Gambar-Kompos.

Coretan Petani - Pupuk kompos atau pupuk organik merupakan pupuk yang sangat baik dan alami sifatnya karena tidak menggunakan bahan kimia tetapi dari hasil proses alami pembusukan.
Perbedaan dalam pertumbuhanpun sangat signifikan terutama dalam penghematan biaya tanam, karena pembuatannya yang membutuhkan waktu itulah para petani kadang lebih memilih pupuk jadi atau pupuk kimia,padahal jika para petani bisa memamfaatkan limbah kulit padi atau sekam dari sisa penggilingan beras biayanya tak terlalu mahal mengingat harga tanaman yang menggunakan pupuk non kimia lebih tinggi harga jualnya dipasaran, sekarang ini para konsumen lebih memilih komsumsi sayuran bebas kimia atau organik karena lebih memikirkan kesehatan, tapi pola sekarang petani justru meninggalkan pola pola pemupukan lama yaitu dengan kompos atau kotoran hewan, Dinegara Maju seperti cina bahkan lebih memilih pupuk yang berasal dari kotoran hewan dan kompos karena tingkat keamanan kesehatan benar-benar terjamin, dan hasil dari panennya juga luarbiasa melimpah dan jarang sekali terkena penyakit.

Banyak kita lihat menumpuknya sampah-sampah yang terbengkalai bahkan mengganggu pandangan mata dan mengganggu pernafasan tapi masyarakat hanya diam saja padahal jika mereka bisa memamfaatkan dengan benar bukankah bisa jadi sumber penghasilan juga.

Pembuatan kompos ini sebenarnya sangat sederhana dan simpel cara pembuatannya hanya dibutuhkan kesabaran dalam proses pembuatan pupuknya karena membutuhkan proses pembusukan yang sempurna.
Sebelum kita mulai membuat pupuk kompos ini mari kita siapkan beberapa bahan-bahannya :
  • Plastik polybag Ukuran Besar/Jumbo.
  • Sarung Tangan.
  • Cairan MP4 (bisa didapat ditoko-toko pertanian).
  • Sekam/kulit Padi.
  • Kotoran Unggas atau Kotoran Sapi bisa juga Kotoran Kambing (yang telah kering).
Cara Membuatnya :

Kotoran hewan/unggas tadi dicampur sekam/kulit padi lalu disiram cairan MP4 dan ditambah sedikit air kemudian diaduk biar tercampur merata kemudian kita masukkan kedalam Plastik Polybag besar tadi kemudian ikat kencang agar udara tak masuk karena proses pembusukan haruslah lembab untuk membantu pengurai pembusuk bekerja optimal, Lalu kita simpan kurang lebih 15 hari baru kita buka dan biarkan diangin anginkan, Baru bisa digunakan untuk pemupukan.

Catatan :
Untuk media polybag bisa diganti Bak Semen atau Drum Jika ada yang terpenting harus tertutup rapat.
Demikian cara pembuatan pupuk kompos tadi semoga bermamfaat.

**Sumber: Wikipedia dan Buku-Buku Pertanian Tentang Pembuatan Kompos,Cetakan Erlangga.

MEMBUAT PUPUK KOMPOS DARI MERANG DARI KOTORAN AYAM. MEMBUAT PUPUK KOMPOS DARI MERANG DARI KOTORAN AYAM. Reviewed by Faizeta on 00:38 Rating: 5

No comments:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.