BERTANAM APA DIBULAN JULI UNTUK PERSIAPAN HARGA TERBAIK DIBULAN OKTOBER HINGGA DESEMBER NANTI

Gambar~Musim kering

Apa kabar Pemabaca setia Coretan Petani semoga selalu setia menunggu informasi terbaik tentang pertanian, berbicara bulan pasti tidak jauh berbicara tentang musim, bisa musim panen atau musim tanam dan yang pasti kita bicara juga masalah cuaca yaitu musim panas ( kemarau ) atau musim Penghujan, indonesia memiliki dua musim setiap tahunnya yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Maka dari itu para petani menggunakan musim-musim tersebut untuk memulai bertanam baik tanam padi ataupun tanam sayuran dan buah-buahan.

Dibeberapa bagian dari propinsi diindonesia yang dikelilingi pegunungan mungkin tak begitu terasa jika terjadi kemarau panjang dan para petani bisa setiap bulan  bertanam dengan tanaman yang sejenis terus menerus mengingat suhu yang masih stabil dipegunungan misal para petani dibandung dengan sayuran  dan dimalang dengan buah apel begitu juga diKintamani-Bali dengan hasil Jeruknya dan beberapa propinsi lainya mungkin yang menjadi kendala mereka adalah jika curah hujan terlalu tinggi karena kelembaban juga akan lebih tinggi dan tanah akan terus lebih basah dari musim sebelumnya  dan sudah pasti penyakit tanaman satu demi satu akan muncul.

 

 Gambar~Musim Hujan

Berbeda di wilayah yang tak dingin atau sering mendapat kemarau yang sangat panjang para petani sayuran bisa bertanam berbagai macam tanaman sayuran seperti kentang, wortel,daun bawang, kubis, cabai juga brokoli dan tanaman lain yang  sesuai musimnya jadi ada dua pilihan bercocok tanam, musim penghujan bertanam tanaman yang butuh banyak air dan bertanam dimusim kemarau dengan tanaman yang tahan akan kekurangan air seperti tanam singkong ,padi gogo juga tanam kacang-kacangan ataupun buah-buahan seperti buah naga dll.

Memamfaatkan kondisi  musim yang selalu berganti merupakan taktik para petani agar tetap terus bercocok tanam karena jika para petani bisa memamfaatkan situasi tersebut dengan baik bisa dipastikan penghasilan para petani akan terus didapatkan ,tinggal pintar-pintar para petani mensiasati teknik-teknik bertani disaat musim apapun tiba. dengan teknik irigasi yang baik dan menyediakan bak-bak air untuk cadangan air dan teknik mengolah guludan tanah yang lebih tinggi disaat musim penghujan dan penggunaan mulsa ataupun penggunaan jaring paranet untuk mengatasi musim-musim yang ada. Sebenarnya hal yang sangat penting adalah kesadaran kita bersama akan ekosistem alam yang harus dijaga seperti menjaga perairan aliran sungai bebas dari pembuangan limbah-limbah pabrik industri kecil maupun besar serta pembuangan limbah rumah tangga yang kian hari semakin bertambah, dan mengurangi penebangan-penebangan hutan yang tak terkontrol demi menjaga ketahanan air. Jika kondisi ini terjaga sudah dipastikan petani juga yang mendapatkan mamfaat dan kita semua pun mendapat maamfaat juga karena akan ada persediaan pangan yang kita butuhkan.

Sebenernya Ironis sekali dengan luasnya wilayah kita tetapi kita harus membeli bahan pangan dari luar negri dengan alasan lebih berkualitas walau harga sedikit lebih mahal,para petani di wilayah asia terutama vietnam juga thailand  dan jepang sangat menyadari begitu pentingnya usaha tani ini karena setiap hari manusia membutuhkan bahan pangan untuk kehidupan sehari-hari, Dahulu negara-negara merekalah banyak menerima hasil bumi dari indonesia bahkan mereka mengirimkan beberapa wakil dari negaranya untuk belajar pada indonesia tentang pertanian, hal tersebut pernah kami tulis di artikel PELUANG SUKSES BESAR USAHA PERTANIAN MENANTI KITA. dari artikel tersebut dapat kita dapatkan pengetahuan kenapa indonesia bisa mengalami kondisi yang seperti sekarang ini,kebutuhan pangan di dominasi dari negara tetangga, kita seharus nya malu dengan negara tetangga tersebut mereka benar-benar mampu meningkatkan ketahanan pangan mereka dengan baik dan negara pun akan mendapatkan masukan yang luarbiasa besar dengan kesadaran usaha tani ini.  Semoga petani dan masyarakat kita suatu saat nanti kembali bisa menjadi petani terbaik seperti dulu dan menjadikan pertanian kita sebagai ketahan pangan kita dan dunia.

Hal-hal yang bisa kita para petani yang bisa lakukan adalah selalu belajar dan terus menggali informasi teknologi-teknologi pertanian dan bantuan dari pemerintah untuk selalu terus mengirimkan tenaga-tenaga penyuluh terbaiknya demi menyelamatkan ketahanan pangan kita yang semakin hari semakin berkurang, pemerintah harus bisa menjaga harga-harga bahan pokok tetap  setabil dan menghentikan masuknya bahan-bahan pangan dari  negara tetangga.

Jika harga pangan kita tetap stabil para petani akan terus bersemangat dalam usaha tani dan tidak menutup kemudian akan bertambah petani-petani muda kita dengan segudang ilmu yang telah mereka dapatkan di bangku pendidikan sekolah tinggi terjun langsung kelapangan untuk memulai usaha tani tersebut.
  BACA JUGA : INILAH TIP JITU KEBERHASILAN BUDIDAYA TANAMAN SAYURAN Kita hidup dengan anugrah dari TUHAN dengan tanah  yang subur  jadi tidak akan  adalagi alasan kita untuk bingung mau bertanam apa,semua bisa ditanam di bumi indonesia ini asalkan kemauan kita sendiri untuk bangkitkan kesadaran usaha tani ini adalah mulia dan menjanjikan untuk kehidupan kita dan demi anak cucu kita nanti. Kesimpulan dari topik ini  adalah Pilihlah jenis tanaman yang cocok dengan musim yang akan tiba dan mensiasati teknik-teknik bertani guna memaksimalkan usaha tani agar tercapai hasil panen terbaik tanpa terkendala musim yang tiba. 

Sekian dahulu pembahasan kita kali ini nanti kita akan membahas informasi yang selalu menarik tentang pertanian semoga bermamfaat, Salam tani.

 

BERTANAM APA DIBULAN JULI UNTUK PERSIAPAN HARGA TERBAIK DIBULAN OKTOBER HINGGA DESEMBER NANTI BERTANAM  APA DIBULAN JULI  UNTUK PERSIAPAN HARGA TERBAIK DIBULAN OKTOBER HINGGA DESEMBER NANTI Reviewed by Faizeta on 19:45 Rating: 5

No comments:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.