TAK PUNYA LAHAN LUAS HANYA MENGGUNAKAN POT PUN BUAH NAGA BISA BERBUAH SUBUR

 Gambar~Buah Naga Dalam Pot.

Coretan Petani - Layaknya batang singkong tinggal dipotong lalu ditancapkan ketanah dapat tumbuh subur begitu istilahnya untuk menanam Buah Naga ini. Untuk anda yang gemar menanam buah-buahan dalam Pot kini anda bisa mengaplikasikan buah naga menggunakan media Pot, Buah Naga memiliki karakter tahan air dan bisa dikatakan dapat bertahan di Musim Kemarau Panjang sekalipun, mungkin diantara kita sudah terbiasa melihat tanaman buah naga ditanam diperkebunan atau dihalaman-halaman rumah dan jika melihat buah naga ditanam dalam pot pasti timbul pertanyaan apakah kuat menahan besar nya pohon buah naga tersebut?..

 Gambar~Buah Naga Dalam Pot.2

 Buah naga dalam bahasa inggris disebut "pitaya" Merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Asal muasalnya Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang  dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Filipina, cina,bangkok, Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Tidak hanya itu Buah naga ini juga bisa  ditemui di Jepang- Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Dan tanaman ini mekar nya pada malam hari dan tak berlangsung lama kemudian menguncup lemas

Awal mulanya dibawa oleh kebangsaan  perancis pada tahun 1870 dari guyana ke Vietnam untuk dijadikan  tanaman hias. Tetapi oleh orang Cina dan orang vietnam buahnya dianggap membawa berkah. Jadi tanaman buah naga ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna  hijau di atas meja altar.Karena buahnya berwarna merah jadi buah terlihat mencolok di antara patung-patung  naga-naga yang berwarna hijau.  kebiasaan inilah  di kalangan orang Vietnam menjadikan buah naga ini begitu Spesial dan  sangat terpengaruh budaya Cina yang dikenal dengan sebutan  thang loy atau buah naga. Istilah "Thang loy " diterjemahkan di negara Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris dengan sebutan dragon fruit atau buah naga karena dari Asia padahal aslinya dari Meksiko.
Gambar Buah Naga Merah dan Naga Putih

Buah naga banyak sekali ragam warna buahnya dari yang Putih, Kuning dan Merah tetapi untuk budidaya lebih mudah yang buah warna merah,terutama diindonesia banyak yang budidaya buah naga merah karena bibitnya mudah didapat tak seperti buah yang warna kuning, Dari harga dipasar buah naga kuning jauh lebih Mahal harganya ketimbang yang Merah,tetapi yang paling murah adalah buah naga putih.


 Gambar Buah Naga Kuning  
                                                                 
Budidaya Buah Naga :
Budidaya buah naga tak terlalu sulit karena hanya dipangkas tangkai/batangnya yang tua sudah bisa ditanam kembali,tetapi tidak begitu saja langsung ditanam melainkan dibiarkan agar getahnya kering terlebih dahulu baru bisa ditancapkan, Untuk menanam didalam Pot yang terpenting adalah media tanahnya haruslah sudah dicampur dengan pupuk kemudian dimasukkan kedalam pot lalu beberapa batang buah naga tersebut ditancapkan jangan lupa memberi tiang kayu untuk penyangga agar tak rubuh batang buah naga tersebut diikatkan pada batang kayu tersebut kemudian disiram agar tanah dlama pot agak padat, untuk pemeliharaan penyiraman bisa 3 atau 4 hari sekali tapi kalau punya waktu cukup banyak setidaknya 2 hari sekali pagi atau sore saja.

Pemupukan :
Untuk mencapai hasil yang maksimal baiknya ditambah pupuk perangsang buah dan pupuk kandang secukupnya.
Pemeliharaan :
Jika tangkai mulai banyak sebaiknya dipotong agar memicu bakal buah tumbuh dan jika terlalu tinggi juga sebaiknya dipotong karena media dalam Pot tak bisa tinggi-tinggi sekali atau banyak cabang jadi harus dipotong.
Demikian Ulasanya semoga membawa mamfaat..

** Tambahan Tulisan Disadur dari WIKIPEDIA INDONESIA, Dan dari Internet.
TAK PUNYA LAHAN LUAS HANYA MENGGUNAKAN POT PUN BUAH NAGA BISA BERBUAH SUBUR TAK PUNYA LAHAN LUAS HANYA MENGGUNAKAN POT PUN BUAH NAGA BISA BERBUAH SUBUR Reviewed by Faizeta on 15:28 Rating: 5

No comments:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.