CARA PENANGANAN YANG TEPAT PENYAKIT BUSUK AKAR DAN PUCUK PUTIH PADA TANAMAN DAUN BAWANG

Coretan Petani - Belakangan ini karena musim yang tidak bisa lagi ditebak banyak para petani daun bawang bingung  dikarenakan perubahan iklim yang tak menentu akibatnya hama atau penyakit pada daun bawang banyak dijumpai misalnya putih pucuk daun  dan Busuk Akar  , Perkembangan jamur sangat luar biasa disuhu yang lembab apa lagi media tanam atau guludan yang terlalu basah dan tergenang air akan sangat membantu perkembangan jamur dan penularannya. 

Pucuk Putih dan Busuk Akar
Penanganan Busuk Akar dan Pucuk Putih :

Busuk akar banyak sekali terjadi dengan ciri ciri yang gampang kita kenali yaitu saat setelah penyiraman biasanya akan tercium bau batang daun bawang yang busuk ini menandakan bahwa diantara tanaman ada yang sudah terkena jamur, cabutlah batang yang busuk tadi dan bakar atau buang ditempat yang jauh agar tak menular, biasanya didalam akarnya terdapat bubuk tepung putih itulah jamur yang menyerang, biasanya ditandaii dengan batang yang kerdil dan kecil dan lama-lama mati, untuk menyiasati jamur adalah dengan Rotari tanaman atau pergantian tanam yang tak termasuk dari suku atau ordo daun bawang, pergiliran tanaman akan mampu mengurangi dari pada jamur.
Buat Guludan yang lebih tinggi agar air tidak terlalu banyak tertahan di batang batang daun bawang dan proses udara masuk juga lebih banyak karena akan mengurangi kelembabaan tanah, ukuran tinggi guludan bisa anda buat 30Cm sudah cukup.
Lahan yang akan ditanami paska serangan jamur tadi adalah dengan pengolahan ulang tanah dengan cara pemberian kapur dolomit dan obat anti jamur dan beri pupuk kandang trus tanah dibajak ulang kemudian lahan dibiarkan dulu kurang lebih 15 hari agar bibit bibit jamur yang masih ada bisa mati, Perawatan rutin dengan penyiangan tanaman dari rumput rumput yang disekitar karena akan membantu penyebaran penyakit jika tak di bersihkan. Untuk penanaman ulang bibit sebaiknya dilakukan perendaman obat anti jamur pada akarnya terlebih dahulu karena agar bibit sudah punya anti serangan dari jamur.
Pesan dari kami adalah terus diamati jika terjadi penyakit agar saat penanganan bisa segera dilakukan agar tidak mengurangi hasil panen nanti.
CARA PENANGANAN YANG TEPAT PENYAKIT BUSUK AKAR DAN PUCUK PUTIH PADA TANAMAN DAUN BAWANG CARA PENANGANAN YANG TEPAT PENYAKIT BUSUK AKAR DAN PUCUK PUTIH PADA TANAMAN DAUN BAWANG Reviewed by Faizeta on 17:07 Rating: 5

No comments:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.