INILAH TIP JITU KEBERHASILAN BUDIDAYA TANAMAN SAYURAN


Gambar~Petani Membersihkan Gulma

Coretan Petani - Berbagai macam cara dan teknik pengolahan budidaya sayuran saat ini sangat beragam caranya baik pengolahan tanah yang baik juga pemilihan bibit tanaman yang baik semua dilakukan untuk memperoleh hasil yang sangat maksimal.
Seperti yang akan kami bahas salah satu kunci keberhasilan dari budidaya sayuran ini adalah Proses Pemupukan, pada proses pemupukan terkadang para petani tidak terjadual atau tidak tepat waktu ini sangat mempengaruhi faktor keberhasilan panen tersebut, terkadang sudah tidak tepat waktu dan tidak tepat dosis juga tidak tepat sasaran pemupukannya.
Semua jenis tanaman membutuhkan nutrisi yang cukup dan baik karena saat masa pertumbuhan kebutuhan Nutrisi ini sangat mempengaruhi kesuburan dan kualitas panen nanti, Nutrisi ini dibutuhkan untuk pertumbuhan batang , daun juga buah akan tetapi jika nutrisi ini tidak cukup bisa jadi tanaman akan menjadi kerdil dan tak berbuah dengan baik.
Proses Penyiraman juga sangat mempengaruhi pertumbuhan dimana serapan air berfungsi untuk membawa nutrisi ke tanaman melalui akar jadi penyiraman yang rutin akan sangat membantu kesuburan tanaman sayuran ini.Lakukan pagi dan sore sesuai kebutuhan dari tanaman tersebut dan jangan melakukan penyiraman jika masih terlalu Panas suhu dari sinar matahari, sebaiknya penyiram untuk sore hari dilakukan pukul 15.30 agar tanaman sudah tak terlalu panas suhunya.
Lakukan pembersihan rumput-rumput atau gulama disekitar tanaman sayuran karena  gulma ini akan mengambil atau menyerap nutrisi yang seharusnya diserap oleh sayuran, disamping itu gulma ini akan membawa penyakit juga serangga lain yang dapat merusak pertumbuhan tanaman.
Lakukan penyemprotan hama sesegera mungkin jika terjadi gejala penyerangan misal terdapat Ulat atau pun serangga lainnya yang bersifat merusak tanaman sayuran ini. Penggunaan bahan bahan psetisida ini juga harus sesuai peraturan yang terdapat dilabel botol atau bungkus dari pesisida tersebut agar tidak merusak lingkungan disekitar tanaman dan tak mengganggu mikro organisme lain yang membantu tanaman sayuran ini. Dosis  yang tepat juga membuat aman dikomsumsi karena residu yang beracun dari bahan kimia yang ada dalam pestisida, Sebaiknya bahan bahan tadi jika sudah tidak terpakai harus dikubur dan jangan dibuang disembarang tempat karena dapat merusak ekosistem lingkungan alam.

Gambar~Dampak Pestisida~ Source : Blogger

Demikian tip dari kami semoga para pembaca dapat menerapkan dengan baik.
INILAH TIP JITU KEBERHASILAN BUDIDAYA TANAMAN SAYURAN INILAH TIP JITU KEBERHASILAN BUDIDAYA TANAMAN SAYURAN Reviewed by Faizeta on 19:17 Rating: 5

No comments:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.