CARA PENYIMPANAN BIBIT AGAR TETAP TERJAGA KADAR AIR NYA

Gambar Bibit dalam botol ~ Sumber gambar dari Internet

Sering para petani tidak mengetahui cara penyimpanan bibit dengan baik sehingga mutu atau daya tumbuh bibit tersebut tidak sesuai dengan yang di harapkan dan bibit ahirnya dibuang begitu saja atau karena petani tidak tau keadaan bibit tersebut  dan saat ditanam ternyata bibit tidak tumbuh alias mati.

Bibit yang disimpan dari sisa panen atau bibit dari pembelian ditoko pertanian akan sama cara penyimpanannya bedanya jika dari toko bibit tersebut dalam kemasan/bungkus yang tertutup rapat. Beda halnya dari sisa panen biasanya bibit hanya disimpan begitu saja.

Bibit dari toko biasanya sudah tertutup rapat aman dari udara panas atau dari serangga dll,tetapi bibit yang dari sisa panen biasanya dibungkus begitu saja.

Disini penulis akan memberikan cara terbaik untuk penyimpanan bibit yaitu :

Menempatkan bibit hasil sisa panen dalam toples atau botol dan disimpan dalam ruangan yang sejuk sejuk dan tidak kena cahaya langsung dari matahari. Perlakuan ini bertujuan agar bibit yang tersimpan tetap terlindungi kadar airnya dan diusahakan juga tidak terlalu lama penyimpanannya. Dan saat akan ditanam sebaiknya biji direndam dulu dalam air ini juga bertujuan agar bibit yang ditanam akan bisa dilihat apakah masih baik atau tidak, biasanya bibit yang baik akan tenggelam dan bibit yang kurang baik akan mengapung.


Sekian dari kami semoga informasi ini bermamfaat.


 
CARA PENYIMPANAN BIBIT AGAR TETAP TERJAGA KADAR AIR NYA CARA PENYIMPANAN BIBIT AGAR TETAP TERJAGA KADAR AIR NYA Reviewed by Faizeta on 02:00 Rating: 5

No comments:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.