SEMINAR PERTANIAN DENGAN TEMA 42 TAHUN KERJASAMA PERTANIAN TAIWAN DAN INDONESIA.


~ Seminar Pertanian 42 tahun INDONESIA dengan TAIWAN~Sumber Gambar Internet. 


Tepat nya tanggal 5 hingga 8 desember 2018 lalu diadakan seminar tentang peringatan 42 tahun kerjasama kedua belah negara yaitu INDONESIA dan TAIWAN. Dalam pertemuan tersebut dihadiri petinggi negara dan pejabat terkait, dalam  Seminar pertanian tersebut diikuti  100 orang dari Taiwan dan Indonesia dan ini merupakan bagian dari kebijakan Pemerintah Taiwan atau New Southbound Policy.

Seminar tersebut merupakan kolaborasi dari Taiwan Technical Mission (TTM) dan Taipei Economic and Trade Office (TETO) dari seminar tersebut diharapkan kedua negara nanti dapat terus bekerjasama dalam teknologi pertanian dan berbagi wawasan tentunya.
John Chen adalah Teknisi pertanian dari taiwan Taiwan Technical Mission (TTM)  yang telah dikirim oleh negara tersebut di indonesia sudah sejak 42 tahun yang lalu, dalam sesi pembukaan John Chen sebagai kepala perwakilan TETO mengungkapkan hingga samapi saat ini program kerja sama kedua negara tersebut dilaksanakan.

Adapun beberapa program yang dijalankan tersebut adalah tentang budidaya dan perbaikan sistem budidaya  serta manajemen agribisnis meliputi budidaya tanaman seperti tanaman jeruk, tanaman asparagus dan budidaya Jamur serta teknik akuakultur ,teknik produksi hortikultura, teknik pengolahan pangan ,sistem irigasi, teknik konservasi tanah dan air .

Dalam seminar tersebut juga John Chen membicarakan kurang lebih sekitar 18 project telah dikerjakan hingga saat ini yaitu kerjasama Area Percontohan Pertanian dikarawang, Project Agribisnis diBogor, Project OVOP di Bali ,Project Peningkatan dan Pengembangan Pertanian Korporasi Area di Bandung serta Project Pengembangan Padi Varietas Unggul di Sulawesi Selatan. 

Tidak cuma itu Taiwan Technical Mission atau TTM juga mengadakan berbagai pelatihan sekitar 130 an pelatihan serta kunjungan lapangan dan sudah ribuan orang merasakan mamfaatnya dari kegiatan tersebut. 

Taiwan sebagai negara yang sudah maju ilmu pertaniannya dan banyak kesamaan kondisi alamnya dengan Indonesia jadi akan sangat mudah bagi Indonesia untuk belajar dan mengaplikasikan berbagai macam teknologi dari Negara Taiwan tersebut dan semoga masyarakat Indonesia juga mampu menyerap dengan baik apa yang telah didapatkan dari negara tersebut demi kejayaan pertanian Indonesia.

SEMINAR PERTANIAN DENGAN TEMA 42 TAHUN KERJASAMA PERTANIAN TAIWAN DAN INDONESIA.  SEMINAR PERTANIAN DENGAN TEMA 42 TAHUN KERJASAMA PERTANIAN TAIWAN DAN INDONESIA. Reviewed by Faizeta on 15:37 Rating: 5

No comments:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.