LAKUKAN CARA INI AGAR HAMA WERENG TUNTAS DAN TANAMAN PADI TETAP SUBUR

 

Gambar Wereng Coklat.           

 Coretan Petani – Serangga yang bernama wereng ini begitu mencemaskan jika sudah muncul karena dampak yang dirasakan juga cukup merugikan petani,kegagalan panen sudah pasti terjadi,hama wereng ini begitu cepat perkembangan reproduksinya dalam hitungan menit larva-larva baru akan menetas dan langsung menghisap sari tanaman padi ini sampai kering dan mati, Satu rumpun padi yang terserang bisa terdapat ribuan wereng ini dan karena sangat cepat reproduksinya berarti juga sangat cepat penyebaran ke tanaman yang disekitarnya dan sangat sulit sekali dikendalikannya jika sudah terlalu banyak tanaman yang terserang.

   

Gambar Rumpun Tanaman Padi Terserang Wereng

 Hama wereng ini banyak sekali jenisnya wereng loreng/batik (Recilia Dorsalis),wereng coklat (Nilaparvata Lugens),wereng hijau (Nephotettix virescens).

Cara pembasmian Hama wereng ini    
                                                                               
Bersihkan gulma-gulma yang ada disekitar tanaman yang terserang karena jika gulama ini tidak dibersihkan akan sulit menuntaskan wereng ini.
Gunakan pestisida yang tepat ukuran dosis sesuai penyakit atau sesuai dengan Hama serangganya karena jika asal-asalan memakai pestisida yang tidak tepat akan membunuh musuh alaminya selain itu juga merusak ekosistem yang ada disekitarnya.
Semprotkan dengan merata dibawah atau pangkal bawah batang terus keatas secara teratur dan perhatikan arah angin dalam penyemprotan agar hasil bisa maksimal dan gunakan masker pelindung pernafasan serta baju panjang agar takterkena kulit langsung.
 

Gambar Tanaman Padi Kering Diserang Wereng

 

Lakukan penyemprotan dimulai dari tanaman yang belum terserang hingga ke tanaman yang terserang untuk mencegah penyebaran saat kita bergerak melakukan penyemprotan serta mencegah perpindahan tempat populasi barunya.

Untuk penanaman berikutnya sebaiknya gunakan varietas bibit yang tahan wereng seperti Cigeulis,Mekongga serta Ciherang. Bibit-bibit jenis tahan wereng ini banyak disediakan ditoko penyedia bibit ,pemilihan varietas terbaik ini gunanya agar suatu saat terjadi hama wereng tanaman ini sudah memiliki ketahanan atau antibodi tersendiri didalam tanaman dan disamping itu membantu kita memudahkan penanganan jika terjadi wabah wereng datang,banyak petani yang mengomentari baiknya bibit varietas ini untuk menahan serangan hama ini dan mereka terbebas dari hama wereng ini.

Lakukan pemeriksaan secara rutin dengan menyibak tanaman hingga kepangkal batang apakah masih ada hama wereng ini tertinggal karena jika masih ada harus dilakukan penyemprotan lagi agar benar-benar tuntas.

Untuk melakukan pengecekan keberadaan hama wereng ini kita bisa memasang perangkap cahaya dimalam hari dengan menggunakan lampu dengan menempatkan diluar dari tanaman persawahan untuk mengetahui apakah wilayah persawahan ini sudah terserang atau belum,jika setelah dipasang perangkap segera dicek apakah ada hama ini terperangkap,jika sudah terperangkap berarti bisa disimpulkan wilayah persawahan tersebut sudah terdapat penyerangan dan harus segera ditangani dengan penanganan sesegera mungkin sebelum terjadi penyerangan yang lebih besar mengingat penyebaranya yang sangat cepat.

Untuk membantu pencegahan hama wereng ini harus dilakukan pemupukan dengan urea,NPK dan SP36 juga KCL sesuaikan penggunaan pupuk dengan luas lahan dan banyaknya tanaman.
 
 
Gunakan alternati penggunaan Pestisida yang ramah lingkungan yaitu non Kimia dengan bahan dasar alami dari tumbuhan disekitar kita seperti daun sirsak atau biji sirsak dan biji mahoni serta rimpau jeringau dan beberapa siung bawang putih, semua bahan itu ditumbuk halus kemudian dicampur sabun ditergen/sabun Colek secukupnya kemudian rendamlah dengan menggunakan air sebanyak 20liter dan biarkan kurang lebih selama dua hari agar tercampur dan teremulsi sempurna setelah itu disaring dan digunakan untuk penyemprotan, untuk satu liter dari bahan tadi digunakan untuk campuran 15 liter air.

Demikian semoga bermamfaat, kami selalu menyampaikan pesan dan memberikan himbauan agar para petani menggunakan produk yang ramah lingkungan agar menjaga keseimbangan ekosistem sekitarnya dan tidak membuang botol,kaleng dan sisa bahan pestisida ke sungai,sisa-sisa kaleng atau botol pestida itu sebaiknya dikubur agar hancur secara alami.

LAKUKAN CARA INI AGAR HAMA WERENG TUNTAS DAN TANAMAN PADI TETAP SUBUR LAKUKAN CARA INI AGAR HAMA WERENG TUNTAS DAN TANAMAN PADI TETAP SUBUR Reviewed by Faizeta on 00:40 Rating: 5

No comments:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.